Laboratorium Psikologi
Universitas Muhammadiyah Malang
Laboratorium Psikologi
Universitas Muhammadiyah Malang

Mengekspresikan Emosi Melalui Workshop Art Therapy

Author : Administrator | Rabu, 11 Mei 2016 11:06 WIB

Dosen sedang mempraktekkan psikodrama dengan menggunakan alat topeng

Para dosen tengah serius melakukan kreasi seni dengan media yang telah disediakan

Malang-Laboatorium Psikologi sepekan yang lalu usai mengadakan Workshop Art Therapy yang diperuntukkan bagi dosen Fakultas Psikologi UMM pada hari Jumat (15/04/16) dan hari Sabtu (16/04/16). Workshop dipandu oleh Georgi Panayotov, MA dan Nikolay Vlahov, MA dari negara Belgia. Workshop yang dihadiri oleh 20 dosen ini bertujuan untuk memberikan pengalaman dan pemahaman terkait pentingnya mengekspresikan emosi, yang dikemas dalam art therapy.

Art therapy sendiri merupakan bagian dari ilmu Psikologi yang masih kurang dikenali di Indonesia. Sehingga melalui workshop tersebut harapannya dapat memberikan wacana dan pemahaman pada dosen mengenai art therapy. Bagaimanapun, seni bisa menjadi alat katarsis dalam mengekspresikan emosi seseorang. Sebagaimana yang disampaikan oleh Georgi dan Nikolay, bahwa ketika seseorang memiliki masalah tidak boleh direpres begitu saja, melainkan perlu dikeluarkan atau diungkapkan, baik berkonsultasi ke orang lain atau melalui media. Adapun media itu salah satunya dengan kreativitas seni atau yang dikenal dengan istilah art therapy.
 

Dalam kesempatan tersebut, para dosen tidak lagi berkutat dengan materi kuliah, tetapi dituntut untuk berkreasi dan mengekspresikan emosinya dengan menggunakan beberapa media yang telah disediakan, baik melalui drama, membuat kolase, mewarnai topeng, dan lain-lain. Melalui media tersebut, para dosen dapat unjuk kebolehan dengan segala kearivitas yang dimiliki. (Awn_gardaqalbi)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image